Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into electronic typesetting, remaining essentially unchanged. It was popularised in the 1960s with the release of Letraset sheets containing Lorem Ipsum passages, and more recently with desktop publishing software like Aldus PageMaker including versions of Lorem Ipsum.

Senin, 17 Januari 2011

Kehidupan dunia

              POMPEII ``Kota Yang Tertimbun``

  Pompeii adalah sebuah kota jaman Romawi kuno.Kota yang terkenal dengan keindahan dan kemakmuran penduduknya.Namun,akibat letusan dahsyat gunung Vesuvius pada tahun 79,pompeii hancur dan tertimbun batuan dan debu vulkanis.Hingga 16 abad kemudian ,kota ini ditemukan dan digali kembali.Kita bisa menyaksikan puing-puing bekas kota pompeii yang berada di dekat kota Napoli,wilayah Campania,Italia.
   Kota pompeii didirikan pada abad ke-6 SM oleh orang-orang Osci atau Oscan,yaitu suatu kelompok masyarakat di Italia tengah.Dibangun didaerah aliran sungai Sarnus (Sarno),sebelah selatan Vesuvius,diapit oleh Herculanaem and Stabiae.
   Pompeii tumbuh menjadi kota pelabuhan.Banyak pelaut dari Yunani dan Fenisia yang mengguanakannya. Pada 80 tahun SM,Diktator Lucius Cornellius Sulla dari Romawi menguasai pompeii.Dia lalu membangunnya menjadi daerah wisata untuk orang-orang kaya Romawi.
   Puing-puing kota pompeii memberikan gambaran bahwa kota ini adalah kota yang sangat makmur.Banyak villa yang digunakan sebagai tempat liburan orang-orang Romawi.Ada juga Macellum (pasar raya menyediakan makanan )pistrinum (tempat penggilingan gandum),thermopolium( tempat yang menyediakan )dan cauporioe (restoran kecil ) dan teater pertunjukkan.
   Pada 24 agustus 79,Gunung Vesuvius meletus.Memuntahkan awan panasm,debu vulkanis dan lava pijar yang menimbun kota pompeii dan kota Herculaneum.Kota bersama seluruh penduduknya tertimbun.Pompeii pun hilang dari muka bumi.
  Pada tahun 1738,bekas kota Herculaneum ditemukan kembali dan digali.Sementara pompeii baru ditemukan pada tahun 1748.
  Kedua kota ini digali dari lapisan debu tebal,brerbagai bangunan dan isinya ditemukan dalam kondisi yang utuh.Juga fosil penduduknya menjadi korban.Ketika meletus,kota pompeii berpenduduk sekira 20.000 orang.

0 komentar:

Posting Komentar